PERFORMANCE MANAGEMENT SYSTEM FOR BANKING


Peraturan Otoritas Jasa Keuangan No.45/POJK.03/2015 tentang Tata Kelola yang Baik dalam Pemberian Remunerasi Berdasarkan Kinerjadan Risiko bagi Bank Umum, hingga saat ini belum sepenuhnya dilakukan oleh bank-bank secara baik dan benar. Penerapan tata kelola yang baik dalam pemberian remunerasi paling tidak mencakup pengawasan aktif direksi dan dewan komisaris, peran serta komite remunerasi, pemberian bonus yang dikaitkan dengan pengambilan risiko yang hati-hati (pruden risk taking) dan pengungkapan remunerasi (disclosure). 

Komite remunerasi wajib dibentuk oleh dewan komisaris yang setidaknya terdiri dari seorang komisaris independen, seorang komisaris, seorang pejabat eksekutif yang membawahi sumberdaya manusia, dan seorang pejabat eksekutif yang membawahi satuan kerja manajemen risiko. Lewat POJK ini pemberian remunerasi ini bank dapat meningkatkan tingkat efisiensi mengingat beban tenaga kerja merupakan salah satu beban besar yang ditanggungperbankan. 

Berkaitan dengan itu, perlu juga dibuat Key Performance Indicator (KPI) bagi direksi, pejabat eksekutif dan seluruh karyawan, Penentuan KPI inisering kali juga masih menjadi masalah terutama dalam penentuan jika dibandingkan dengan peers bank yang lain. Langkah benchmarking dengan peers bank dinilai langkah baik disamping perlu melakukan survey baik untuk KPI maupun kebijakan remunerasi. 

Untuk itu diperlukan jawaban atas pertanyaan bagaimana menyusun KPI yang baik dengan membandingkan peers bank? Cara-cara penyusunan KPI dengan risiko bank yang sering kali muncul. Penerapan kebijakan remunerasi dan sekaligus kebijakan bonus bagi pejabat eksekutif. 

Tujuan

  1. Meningkatkan kualitas laporan pemberian remunerasi yang menjadi bagian disclosure dalam laporan tahunan Good Corporate Governence (GCG) 
  2. Meningkatkan kinerja karyawan dan memberikan dorongan kepada karyawan berprestasi dengan adanya Key Performance Indikator (KPI) yang dikaitkan dengan Kebijakan Remunerasi yang lebih baik. 
  3. Meningkatkan pemahaman bagi seluruh manajemen tentang risiko-risiko yang dihadapi bank berkaitan dengan kebijakan remunerasi dan kompensasi ini bagi kinerja bank. 
  4. Mampu menterjemahkan strategi bisnis perusahaan kedalam Key Performance Indicators dengan sistem top down yaitu Pimpinan Divisi, Pimpinan Cabang, Kepala Seksi sampai level Staf
  5. Memahami dengan baik bahwa pencapaian Key Performance Indicators bisnis akan terintegrasi dengan support operational, komptensi sumberdaya manusia, dan loyalitas nasabah
  6. Secara berkala memahami progress pencapaian target unit dan individu serta mampu melakukan evaluasi dan pengambilan keputusan perbaikan secara keseluruhan
  7. Fungsi supervisor untuk melakukan coaching, pendampingan transfer ilmu, monitoring, evaluasi kinerja secara berkala lebih optimal 
  8. Mampu menyusun tolok ukur atau key performance indicators organisasi & all Divisi selaras dengan tujuan bisnis.

Materi Program

  1. Pemaparan visi misi dan target bisnis.
  2. Overview POJK No. 45/POJK.03/2015
  3. Overview Key Performance Indicator’s (KPI)
  4. Analisa SWOT All Division 
  5. Pokok-pokok Penting Key Performance Indicator’s
  6. Menyusun KPI berdasarkan Balance Scorecard
  7. Menyusun Balance Scorecard masing-masing Divisi
  8. Menentukan Bobot KPI masing-masing Divisi
  9. Desain Key Performance Indicator’s kestandar form
  10. Metode Evaluasi Key Performance Indicator’s masing-masing Divisi yang terintegrasi
  11. One on One agreement KPI atasan dan anggota team 
  12. Sosialisasi KPI kemanajemen dan karyawan

Metode Pelatihan 

Presentasi, Diskusi / Praktek dan Studi Kasus

Peserta

  1. DirekturUtama
  2. Direksi Operational 
  3. Direksi Manajemen Resikodan Kepatuhan
  4. Komite Nominasi dan Remunerasi
  5. All Kepada Divisi Bank 
  6. Pejabat Eksekutif
  7. Pejabat terkait dalam penetapan KPI 

Waktu dan Tempat

  • Pelatihan berlangsung 2,5 hari kerja
  • Hotel berbintang di Yogyakarta, atau request peserta
  • Tanggal pelatihan sesuai request peserta

Biaya Investasi
  • Hubungi manajemen Maxindo Training (di bawah)
Souvenir Peserta
  • Tas Punggung/Tas Kerja
  • Flashdisk
  • Gantungan Kunci
  • Buku Materi
  • Alat Tulis
  • Kaos/Baju
Fasilitas
  • Sertifikat Pelatihan
  • Gelar Sertifikat untuk peserta tertentu
  • Coffee Break pagi dan sore
  • Makan siang selama pelatihan
Trainer
  • Senior Trainer Maxindo
  • dan Team

Trainer memiliki pengalaman secara internasional. Telah melakukan ribuan training di Perusahaan-perusahaan besar di Indonesia, baik pemerintah maupun swasta. Trainer sangat kompeten di bidangnya, dan memiliki metode mengajar yang menarik. CV Trainer akan kami kirim jika dibutuhkan.

Dengan mengikuti pelatihan ini, peserta mendapatkan ilmu dan mampu menyelesaikan pekerjaan dan tantangan bisnis sesuai dengan bidang pekerjaan.

Untuk mendaftar, 
sebutkan judul pelatihan, 
kirim via WhatsApp melalui nomor 0895-0685-6999 atau 


Nama:

Judul Pelatihan:

Jumlah Peserta:


Saya ingin mengetahui rincian biaya investasinya!